• Mahasiswa dapat memahami akuntansi usaha persekutuan, pembentukannya dengan setoran modal & pembagian rugi-laba, pembubaran karena perubahan pemilik, likuidasi sekaligus & bertahap dengan hak prioritas pembagian dengan kas atau bukan. Mahasiswa harus tahu bedanya dengan Joint Venture. Akuntansi penjualan ansuran dan penjualan konsinyasi. Untuk meningkatkan jumlah penjualan perlu akuntansi untuk hubungan Kantor Pusat dan Kantor Cabang secara umum maupun secara khusus.
  • Mahasiswa mampu melakukan koreksi fiskal terhadap Laporan Keuangan untuk menghitung jumlah pajak terutang bagi wajib pajak badan/perusahaan

  • Mahasiswa dapat memahami organisasi sektor publik, penyusunan anggarannya dan evaluasi laporan keuangannya, serta pengukuran kinerja dan pemeriksaan sektor publik. 

  • Perkuliahan ini membahas aspek hukum dalam kegiatan ekonomi atau perdagangan di masyarakat


  • Mahasiswa memahami dan terampil melakukan pengelolaan sistem informasi akuntansi berbasiskan komputer

  • Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui, mengerti dan memahami, membandingkan dan menjelaskan konsep dasar lembaga keuangan Islami dengann konvesional dengan atribut, produk dan akad yang ada pada lembaga keuangan Syariah


  • Mahasiswa memahami dan mampu menganalisis tiga area keuangan yaitu pasar finansial, investasi sekuritas dan keuangan korporasi yang saling berkaitan 

  • Mata kuliah ini tentang aspek aspek dasar terkait dengan kegiatan manajemen operasional yang meliputi kegiatan perencanaan pabrik, material handling dan maintenance mesin, penentuan produksi optimal, pola produksi yg efisien, mengelola persediaan yg optimal, pengelolaan TK, peramalan, Linear programming, PERT, dan pengawasan kwalitas guna mendukung pengambilan keputusan yang optimal.


  • Mata kuliah manajemen pemasaran ini mengungkapkan dan menjelaskan mengenai konsep yang berkaitan dengan Implementasi konsep manajemen di bidang pemasaran sejak analisis lingkungan pasar, penentuan target, perencanaan bauran pemasaran, organisasi pemasaran, kebijakan dan strategi pemasaran, serta pengawasan pemasaran dengan permasalahannya.


  • Mengetahui dan mampu membuat keputusan yang tepat dengan menguasai langkah-langkah dalam menemukan solusi terhadap suatu masalah.

  • Mahasiswa dapat menjelaskan proses auditing terhadap siklus pendapatan, pengeluaran, produksi, penggajian, SDM, inventory,warehousing dan pendanaan. Mahasiswa dapat menjelaskan proses auditing terhadap saldo kas dan investasi serta memahami keahlian auditor dalammelakukan penyelesaian audit dan penyajian laporan audit

  • Mata kuliah tersebut secara umum  menjelaskan pos pos yang ada di neraca. Meliputi pengakuan dan pencatatan, membuat penjurnalan dan laporan keuangan berkaitan dengan pos pos yang ada dineraca. Mata kuliah ini untuk mendukung kompetensi utama yaitu mampu menyusun laporan keuangan sesuai standar, kemudian secara khusus dijabarkan kedalam tujuan pembelajaran dan learning outcome. 

    Untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran dan learning outcome, mahasiswa diwajibkan mengikuti kelas tutorial Pengantar Akuntansi II yang akan di damping oleh asisten dosen. 


  • Mata kuliah ini berisi konsep dasar ekonomi Islam yang mencakup persoalan mikro ekonomi (teori konsumsi, produksi dan distribusi) dan persoalan makro ekonomi yang mencakup (pertumbuhan ekonomi : Fiskal dan moneter Islami, inflasi dan pengangguran) serta  membandingkan dengan konsep dasar ekonomi konvensional. 


  • Mahasiswa mengerti/memahami  prinsip-prinsip penganggaran perusahaan secara umum dan mampu membuat proyeksi anggaran.

  • Mahasiswa memahami dan mampu menjalankan transaksi operasional bank serta menganalisis laporan keuangan yang dihasilkan

  • Mahasiswa mampu memahami, menerapkan, dan menjadikan mahasiswa menjadi calon-calon praktisi usaha

  • Mahasiswa mempunyai kemampuan untuk membuat pengajuan pembiayaan usaha sesuai standar lembaga keuangan syariah khususunya bank syariah 

  • Mahasiswa dapat memahami kegunaan sistem akuntansi termasuk di dalamnya SPI yang diperlukan dalam seluruh kegiatan perusahaan.

  • Mata kuliah ini mengajarkan tentang konsep-konsep sistem informasi manajemen, sehingga mahasiswa mampu menganalisis sistem informasi manajemen, yang pada akhirnya mahasiswa dapat memahami strategi yang dapat dicapai dengan memanfaatkan sistem informasi manajemen.


  • Mahasiswa dapat memahami Konsep Dasar dan Tujuan SPM,Proses Pengendalian Manajemen dan Analisisnya, Serta Pengukuran Kinerja Manajemen dan Pengendaliannya.   

  • Mahasiswa mengetahui dan memahami perkembangan ilmu akuntansi, struktur teori akuntansi, laporan keuangan dan kegunaannya serta trend di bidang akuntansi

  • Mata Kuliah memberikan konsep tentang mekanisme pasar, perilaku konsumen, teori produksi dan biaya produksi, dan struktur pasar persaingan sempurna, monopoli, persaingan monopolistik dan oliogopoli